Thursday, April 23, 2020

Sejarah Terciptanya Hukum yang ada di Negara Perancis yang Menggunakan Sistem Common law


Deciphering a Forgotten Bestseller: Law, Commerce, and Baptized ...

Sejarah Terciptanya Hukum yang ada di Negara Perancis yang Menggunakan Sistem Common law - Tidak seperti negara-negara berbahasa Inggris, yang menggunakan sistem "Common Law", Prancis memiliki sistem "Civil law". Sistem hukum umum adalah sistem yang telah berevolusi selama berabad-abad, dan sebagian besar didasarkan pada konsensus dan preseden. Sistem hukum perdata sebagian besar didasarkan pada Kode Hukum. Di seluruh dunia, Common Law membentuk dasar hukum di sebagian besar negara berbahasa Inggris, sedangkan sistem hukum perdata berlaku di sebagian besar dunia, dengan pengecualian banyak negara Islam dan Cina. Sejalan dengan prinsip demokrasi pemisahan kekuasaan, kehakiman Prancis meskipun anggotanya adalah pegawai negeri independen dari otoritas legislatif (pemerintah).

Asal usul sistem hukum Prancis

Dasar dari sistem hukum Perancis dituangkan dalam dokumen kunci yang semula disusun pada tahun 1804, dan dikenal sebagai Code Civil, atau Code Napoléon, (Civil code atau Napoleonic code) yang menetapkan hak dan kewajiban warga negara, dan hukum properti, kontrak, warisan, dll. Pada dasarnya, itu adalah adaptasi terhadap kebutuhan Prancis abad ke-19 tentang prinsip-prinsip hukum Romawi dan hukum adat. Code Civil tetap menjadi landasan hukum Prancis hingga hari ini, meskipun telah diperbarui dan diperpanjang berkali-kali untuk memperhitungkan perubahan masyarakat. Ada kode-kode lain, termasuk terutama Kode Pénal, atau KUHP, yang mendefinisikan hukum pidana.

Pembuatan hukum

Undang-undang di Prancis, seperti di negara-negara demokratis lainnya, umumnya diusulkan oleh Pemerintah saat itu, dan harus disahkan oleh dua rumah Parlemen Prancis, Majelis Nasional dan Senat. Mereka menjadi hukum sejak tanggal mereka disahkan oleh Parlemen, ditandatangani menjadi hukum oleh Presiden, dan diterbitkan dalam Journal Officiel, atau Journal Resmi. Instrumen hukum (rahasia, peraturan) menjadi undang-undang tentang penandatanganan oleh menteri, dan diterbitkan dalam Journal Officiel. Publikasi dalam versi elektronik J.O. Cukup.

Dua cabang hukum Prancis

Berbeda dengan negara-negara berbahasa Inggris, Perancis memiliki sistem hukum ganda; satu cabang, yang dikenal sebagai publik Droit, atau hukum Publik, mendefinisikan prinsip-prinsip operasi negara dan badan publik. Hukum ini diterapkan secara umum melalui pengadilan hukum publik, yang dikenal sebagai les Tribunaux administrasis. Sistem lain, yang dikenal sebagai Droit privé, atau hukum privat, berlaku untuk individu dan badan swasta.

Hukum perdata - le droit privé

Ini adalah hukum dasar tanah. Ini dikelola melalui pengadilan.
Ada dua saluran peradilan, a) mereka yang berurusan dengan litigasi sipil, dan b) mereka yang berurusan dengan pelanggaran pidana
a) Pengadilan perdata dasar mengenai individu pribadi ditangani oleh pengadilan setempat, yang dikenal sebagai Tribunal d'Instance, atau oleh pengadilan regional atau departemen yang dikenal sebagai Tribunal de Grande Instance (TGI), tergantung pada pentingnya kasus tersebut. Hukum komersial dan bisnis dikelola melalui institusi yang dikenal sebagai Tribunaux de commerce. Ini dikenal sebagai "pengadilan tingkat pertama".
Banding didengar di Cour d'Appel atau Pengadilan Banding, "pengadilan tingkat kedua". Di Prancis, ada hak mendasar untuk naik banding dalam semua kasus. Dalam keadaan luar biasa, putusan Pengadilan Banding dapat digugat di tingkat tertinggi, Cour de Cassation, Mahkamah Agung Prancis dalam masalah hukum privat.
b) Pelanggaran sehari-hari dan masalah kriminal kecil pada umumnya ditangani baik oleh Juge de proximité (hakim lokal) atau Tribunal de Police (pengadilan polisi); masalah yang lebih serius akan dirujuk ke Tribunal Correctionnel, hukum pidana yang setara dengan TGI. Pelanggaran pidana paling serius, terutama pembunuhan dan pemerkosaan, akan dirujuk ke Cour d'Assises, atau pengadilan Assize, di mana mereka akan diadili oleh juri.

Hukum publik - le droit public

Keluhan atau litigasi mengenai pejabat publik dalam pelaksanaan kantor mereka terdengar di Tribunaux Administratifs, atau Pengadilan Administratif. Misalnya, universitas atau lembaga akademis publik secara teratur dibawa ke pengadilan atas penyimpangan yang diklaim dalam organisasi ujian. Seperti dalam sistem hukum perdata, banding dapat diajukan, dalam hal ini dengan Pengadilan administrasi, atau pengadilan banding administratif. Eselon tertinggi, Mahkamah Agung untuk hukum publik, adalah Conseil d'Etat, atau Dewan Negara, badan yang pada akhirnya bertanggung jawab untuk menentukan legalitas tindakan administratif.

Bagaimana pengadilan beroperasi di Perancis

Pengadilan Prancis dipimpin oleh Juges (Hakim) yang juga dikenal sebagai Magistrat (hakim). Magistrat, adalah profesional berkualifikasi tinggi, hampir semuanya telah lulus dari Sekolah Pascasarjana Magistrature; mereka adalah pengukur tingkat tinggi. Dengan kata lain, seorang Magistrat Prancis sama sekali tidak sama dengan seorang Hakim dalam sistem hukum Inggris.Proses peradilan pidana dapat diawasi dengan instruksi yuge. Hakim yang ditunjuk untuk menangani kasus ini bertugas untuk menyiapkan kasus dan menilai apakah kasus tersebut harus dibawa ke pengadilan. Dalam jargon hukum, sistem ini dikenal sebagai inkuisisiitorial, berlawanan dengan sistem permusuhan yang digunakan dalam sistem hukum Common Law.

Di pengadilan, hakim atau hakim berselisih antara jaksa dan pembela, yang keduanya umumnya diwakili oleh pengacara mereka, atau avokat. Sistem peradilan Prancis tidak memiliki jalan lain untuk juri kecuali di pengadilan assize. Jika kasus ini naik banding, argumen penuntutan dan pembelaan diambil alih oleh spesialis banding yang dikenal sebagai Avoués.

Reformasi terbaru

Pada 2008, Presiden Sarkozy mengumumkan rencana untuk reformasi lebih lanjut dan merampingkan peradilan Prancis. Di antara reformasi adalah rencana untuk mengurangi jumlah pengadilan, memindahkan prosedur pengadilan ke arah sistem yang lebih bermusuhan, dan untuk menyingkirkan sistem avoués di pengadilan banding. Perubahan ini belum diterapkan.
  
Salah satu reformasi yang baru-baru ini disidangkan dalam beberapa koreksi Tribunaux (pengadilan kriminal) adalah diperkenalkannya persidangan oleh juri, yang sebelumnya terbatas pada pengadilan pensiunan. Juri dalam kasus ini terdiri dari enam anggota masyarakat, dan tiga hakim. Tetapi pada 2013, administrasi sosialis François Hollande memutuskan untuk membatalkan reformasi ini, mengklaim prosesnya mahal, memperlambat prosedur peradilan, dan tidak menghasilkan perubahan signifikan dalam hasil.

Mendapatkan pengacara di Prancis

Jika Anda ingin mengambil tindakan hukum terhadap seseorang atau terhadap suatu institusi, jika seseorang mengambil tindakan hukum terhadap Anda (litigasi sipil), atau jika tuntutan pidana diajukan terhadap Anda (misalnya karena mengemudi sembrono), Anda mungkin perlu menemukan pengacara (trouver un avocat).  Layanan konsuler dari Inggris, Amerika Serikat dan kedutaan besar lainnya di Paris, dan konsulat di kota-kota lain, seringkali dapat mengarahkan Anda ke arah pengacara yang berbahasa Inggris. Ada sejumlah pengacara berbahasa Inggris yang berpraktik di Prancis, termasuk pengacara Inggris dan Amerika, yang memenuhi syarat untuk berpraktik sebagai pengacara di Prancis; meskipun mereka tidak dapat ditemukan di setiap kota atau kota, jauh dari itu. Untuk menemukannya, periksa halaman kuning lokal, atau hubungi Tribunal d'Instance setempat.
   
Atau, hubungi pengacara Prancis setempat yang berspesialisasi dalam bidang hukum yang sesuai hukum keluarga, hukum waris, hukum properti, dll. Pada akhirnya, kedekatan dan kompetensi biasanya lebih penting daripada memiliki pengacara yang berbahasa Inggris; setelah semua, pengacara Anda akan memohon di pengadilan Prancis. Dan banyak pengacara Prancis memiliki kemampuan dasar untuk berbicara bahasa Inggris. Untuk perusahaan, situasinya lebih mudah, dan ada semakin banyak firma hukum perusahaan internasional, termasuk beberapa yang sangat besar, didirikan di Paris, Lyon, Toulouse dan kota-kota besar lainnya. Untuk detail, hubungi konsulat setempat, Tribunal de commerce, atau Kamar Dagang. Kamar dagang Franco-Inggris memiliki daftar sejumlah firma hukum bisnis internasional di Prancis.

Bantuan hukum

Bantuan hukum lebih mudah diperoleh, dan lebih murah, di Prancis daripada di banyak negara lain. Pelabuhan panggilan pertama yang bermanfaat bagi siapa pun yang menginginkan bantuan hukum adalah Maison de Justice, biasanya dilampirkan ke Tribunal d'Instance setempat.

No comments:

Post a Comment